Pengembangan Akurasi Software Hisab


       Ephemeris biasa disebut Astronomical Handbook, Ephemeris merupakan table yang memuat data astronomi benda-banda langit. Dalam bahasa arab biasa disebut Zij atau Taqwim. Didalamnya berisi table astronomi (data matahari dan bulan). Selain itu memuat juga data ijtimak, tinggi hilal dan gerhana. Data-data ephemeris bisa didapat dengan membuka buku Ephemeris Hisab Rukyah yang setiap tahun diterbitkan oleh Departemen Agama RI atau bisa diakses melalui softwer Hisab yang biasa disebut dengan Winhisab , dalam Winhisab terdapat tiga bagian isi yaitu; data Ephemeris (data Matahari dan Bulan), Ijtima’ dan Waktu shalat.
Dalam data-data Ephemeris terdapat data Matahari dan Bulan, diantara bagian-bagianya adalah jam, Ecliptic Longitude, Ecliptic Latitude,Apparent Right Ascenciont, Apparent Declination, True Geocentris Distance, Seme Diameter, True Obliquity dan Equation of time itu merupakan bagian-bagian dari data Matahari. Sedangkan bagian-bagian dari data Bulan diantaranya adalah: jam, Ecliptic Longitude, Ecliptic Latitude,Apparent Right Ascenciont, Apparent Declination, Horizontal parallax, Semi Diameter, Angle Bright Limb dan Fraction Illumination. Dan data-data tersebut merupakan data yang bisa digunakan dalam perhitungan arah kiblat, penentuan awal waktu shalat, perhitungan awal bulan Qamariah dan lain sebagainya.
Akan tetapi seiring berjalannya waktu, Ephemeris mengalami perubahan atau hanya sekedar melengkapi isi dari table ephemeris yang ada saat ini. Revisi Ephemeris atau pengembangan software hisab ini dibuat oleh…………..yang dilaunching pada tanggal 25 s.d 27 Mei 2011 di Hotel Aston Denpasar Bali yang dihadiri oleh para ahli falak, diantaranya adalah Drs. H. Wahyu Widiana, MA (Dirjen Badilag MA RI), Drs. H. Taufiq, SH. MH (BHR  Jakarta), Prof. Dr. H. Thomas Djamaluddin (LAPAN Bandung),  Drs. H. Habiburrahman, SH., MH (Hakim Agung MA RI), Drs. H. Muhyiddin, M.Si (BHR Kementerian Agama), Drs. H. Slamet Hambali, M.SI (PBNU) dan  H. Ahmad Izzuddin, M. Ag (IAIN Walisonggo) dan masih banyak lagi para ahli falak yang menghadiri acara launching tersebut.
Referensi pengembangan software hisab tersebut adalah algoritma VSOP-87, ELP2000, dan referensi lainnya. Fasilitas-fasilitas yang ada di dalam software tersebut memberikan hasil perhitungan dan pembelajaran yang terkait dengan awal bulan qamariah, jadwal waktu salat, arah kiblat, dan gerhana. Software ini masih akan dikembangkan lagi karena dikatakan masih kurang valid dan belum bisa disebut sebagai Winhisab yang didalamnya terdapat data-data Ephemeris dan lain sebagainya.
Berdasarkan keputusan sidang pada Temu Kerja Badan Hisab Rukyat tahun 2011 M yang dilaksanakan di Bali pada tanggal 27 Mei 2011 mengenai Software Hisab ini adalah sebagai berikut : 
a.       Perlunya perhitungan awal bulan qamariah disesuaikan dengan kriteria pada kitab atau metode masing-masing.
b.      Dalam penetapan awal bulan qamariah dengan sistem perhitungan kontemporer perlu adanya konsistensi dalam penggunaan kriteria penetapan awal bulan qamariah yang telah disepakati yaitu kriteria MABIMS ketinggian hilal minimal 2 derajat dan/atau umur bulan 8 jam.
c.       Perlu adanya panduan baku dalam perhitungan terkait dengan koordinat dan ketinggian lokasi, serta koreksi yang digunakan untuk menentukan ketinggian hilal mar’i.
d.      Badan Hisab Rukyat hendaknya memanfaatkan fenomena gerhana bulan total 15-16 Juni dan 10 Desember 2011 untuk mensosialisasikan hisab rukyat kepada masyarakat.
e.       Badan Hisab Rukyat perlu membakukan nama-nama bulan Islam dengan memperhatikan kaidah bahasa Indonesia.
f.       Perlu adanya buku yang berisi kumpulan keputusan hasil Temu Kerja Evaluasi/Badan Hisab Rukyat.
g.      Perlu adanya glosarium istilah hisab rukyat yang bisa dijadikan pegangan.
Jadi bisa disimpulkan bahwa revisi Ephemeris (pengembangan Software Hisab) ini belum bisa diterima secara keseluruhan dan perlu adanya koreksi ulang. Dan berdasarakan hasil rumusan diskusi pada Temu Kerja Badan Hisab Rukyat tahun 2011 M Software ini masih akan dikembangkan kembali. 

1 Comentário:

Aqil Fuadi mengatakan...

bissa tolong dihadirkan data ephemeris tahun 2016

Poskan Komentar

 
*DOKUMENTASI FALAK* © Copyright 2012 | Designed by Zaenury |